Kamis, 27 Agustus 2015

MUSEUM ONRUST: TAMAN ARKEOLOGI PULAU SERIBU


Museum Pulau Onrust. Museum Pulau Onrust merupakan salah satu dari sekian banyak museum di Jakarta. Pernah mendengar tentang Taman Arkeologi kepulauan Seribu? Berkunjung ke Kepulauan Seribu tidak afdol jika tidak mampir ke pulau Onrust. Pulau yang letaknya berdekatan dengan resort wisata Pulau Bidadari menyimpan banyak peninggalan arkeologi zaman kolonial Belanda. Seperti bangunan-bangunan benteng, rumah-rumah bergaya belanda, serta makam-makam bersejarah. Bahkan Pulau kecil ini memiliki museum sendiri yang di kenal sebagai Museum Pulau Onrust. Museum ini di dirikan di salah satu rumah peninggalan Belanda yang masih kokoh dan utuh. Sebelum di jadikan museum, rumah ini merupakan rumah dinas para dokter yang memeriksa kesehatan para Jemaah Haji.

Museum Pulau Onrust sebenarnya adalah sebuah museum arkeologi. Di dalam museum ini tersimpan benda-benda bersejarah yang memiliki nilai historis, seperti sepatu besi tahana, batu-batuan, botol kaca, serta meriam-meriam kuno. Pendirian museum Pulau Onrust ini berhubungan erat dengan di nobatkannya Pulau Onrust sebagai pusat dari Taman Arkeologi Kepulauan Seribu. Pemugaran dan penggalian situs arkeologi di kepulauan seribu termasuk pulau Onrust di lakukan sejak awal tahun 1980-an. Salah satu penemuan bersejarah adalah di temukannya bastion-bastion dari benteng segi lima di sisi utara Pulau Onrust. 

Pulau Onrust memiliki sejarah yang panjang. Nama Onrust sendiri diambil dari bahasa Belanda, Onrust yang artinya tidak pernah beristirahat. Atau dalam bahasa inggris di kenal dengan istilah unrest. Asal usul pemberian nama Pulau Onrust ini berawal dari kesibukan yang tidak pernah berhenti yang terjadi di Pulau Onrust. Pada masa kolonial Belanda, pulau Onrust merupakan pusat bongkar muat  dan galangan kapal bagi kapal-kapal laut yang singgah di Sunda Kelapa sebelum melanjutkan pelayarannya untuk menjelajahi dunia. Karena memiliki peranan yang sangat penting inilah, kemudian Belanda membangun benteng di Pulau Onrust sebagai markas utama  untuk menguasai nusantara serta untuk mempertahankan tanah jajahannya dari bangsa lain. Bahkan setelah berkali-kali di bumi hanguskan oleh tentara Inggris, Belanda tidak pernah berhenti untuk membangun Pulau Onrust sebagai benteng pertahanan mereka.

Dengan sejarah yang begitu menegangkan dan peninggalan yang begitu memukau, maka wajar jika sekiranya, pemerintah mendirikan museum dan menjadikan pulau Onrust sebagai pusat Taman Arkeologi. Sehingga anak bangsa bisa belajar tentang sejarah bangsanya sambil menikmati keindahan alam. Saat ini, Pulau Onrust telah menjadi daerah destinasi wisata dan liburan sekolah. Selain bersenang-senang, sambil belajar sejarah. Apalagi rute perjalanan wisata ke Museum Pulau Onrust sangat mudah di jangkau. 

Rute perjalanan wisata ke Pulau Onrust dapat di capai melalui pantai Marina Ancol via Pulau Bidadari dengan speedboat reguler setiap hari. Sayangnya, di pulau ini belum ada penginapan yang memadai. Jadi harus pergi ke Pulau Bidadari atau Pulau Pramuka jika ingin bermalam. Karena konon katanya, Pulau Onrust menyimpan kekuatan mistik yang agak membuat berdiri bulu roma.

Jika anda tertarik ingin menginap di Kepulauan Seribu atau sekedar hanya One Day Tour, Kami siap membantu anda, hubungi reservasi kami untuk Harga Paket Kepulauan Seribu dan berbagai informasi lainnya di (021) 4586 4547 atau 0812 8671 9177.
Klik juga www.buanapersadatama.com
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar