Kamis, 30 Juli 2015

Pulau Tidung (Tidung Island), Wisata Penuh Sejarah

Sejarah singkat tentang Pulau Tidung (Tidung Island), Pulai ini merupakan pulau terbesar dari pulau – pulau lain di kepulaun seribu, seperti Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Untung Jawa, dan pulau lainnya. Kenapa disebut dengan Tidung inilah cerita singkat tentang pulau tersebut. Dahulu kala ada seorang Raja suku Tidung  yang berasal dari Kalimantan timur yang diusir oleh colonial belanda pada jaman penjajah karena beliau tidak mau diajak bekerjasama. Raja ini memiliki nama Raja Pandita atau lebih dikenal dengan sebutan Kaca. Setelah ia diusir dari tanah tidung beliau melanglang buana sampai ke Jepara, kemudian beliau hijrah hingga sampai disebuah pulau yang sampai sekarang ini dikenal dengan sebutan Tidung. Dari sekian ratus tahun tidak ada satu orang pun masyarakat Tidung mengetahui bahwa orang dikenal dengan sebutan Kaca itu adalah seorang Raja dari Kalimantan timur. Tidak diketahuinya bahwa beliau adalah Raja karena selama singgah di Pulau ini beliau tidak pernah membawa gelarnya sebagai seorang raja beliau hanya dikenal akrab dengan sebutan “Kaca”. Hingga beliau menghembuskan nafas terakhirnya tetap dikenal dengan sebutan Kaca sehingga dikenal sebagai masyarakat biasa yang tidak berbeda dengan masyarakat yang lainnya.

Suatu hari ada sekelompok keluarga Raja Pandita dari Kalimantan datang ke Pulau ini mereka bertanya – Tanya dan mencari tahu mengapa pulau ini disebut dengan Tidung. Setelah keluarga Raja Pandita dari Kalimantan Timur bertemu dengan keluarga Kaca di Pulau Tidung mereka bersingkat cerita ketika keluarga Kaca bertanya kepada keluarga Raja Pandita bahwa Kaca adalah nama kecil Raja Pandita sebelum beliau diangkat menjadi raja. Dan akhirnya kedua keluarga itu mengambil keputusan dan berkesimpulan bahwa Pulau di beri nama dari Raja Pandita yang berasal dari tanah tidung Kalimantan Timur.

Sejarah singkat tentang Pulau Tidung (Tidung Island) yang mengharumkan nama bangsa Indonesia karena menyimpan sejuta keindahan alam. Pulau ini merupakan pulau terbesar dan terpanjang yang ada di Kepulauan seribu. Pulau yang di huni sejak tahun 1920-an ini memiliki masyarakat sekitar 5000 jiwa yang memiliki luas 109 ha. Sekarang Pulau ini menjadi pusat Kecamatan Kepulauan seribu yang membawahi tiga Kelurahan antara lain Pulau Pari,  Pulau Untung Jawa, dan Pulau Tidung (Tidung Island).

Bila anda tertarik untuk berlibur ke Pulau Tidung, Kami siap membantu anda, hubungi reservasi kami untuk Harga Paket Kepulauan Seribu dan berbagai informasi lainnya di (021) 4586 4547 atau 0812 8671 9177.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar